Scroll Text - http://www.marqueetextlive.com

Sejarah Kealaman Dasar


TUGAS RESUME
Sejarah Kealaman Dasar

ilmu alam sering disebut ipa (natural science) merupakan pengetahuan yang mengkaji tentang gejala-gejala salam alam semesta, termasuk dimuka bumi ini, so’ disebut ilmu alamiah alam.
ilmu pengetahuan alam adalah istilah yang digunakan yang merujuk pada ilmu dimana objeknya adalah benda-benda alam dengan hukum-hukum yang pasti dan umum.
sains (science) diambil dari kata latin scientia yang artinya adalah pengetahuan. sound & trowbrige  merumuskan bahwa sains merupakan kumpulan pengetahuan dan proses. Sedangkan menurut Kuslan Stone, sains adalah kumpulan pengetahuan dan cara-cara untuk mendapatkan dan mempergunakan pengetahuan itu.
Sains merupakan produk dan proses yang tidak dipisahkan “Real science is both product and process inseparably joint” sain sebagai proses merupakan langkah yang ditempuh pada ilmuan untuk melakukan penyidikan dalam rangka mencari penjelasan tentang alam.
Langkah-langkah tersebut adalah :
-          Memutuskan masalah
-          Memutuskan hipotesis
-          Merancang eksperimen
-          Mengumpulkan data
-          Analisis
-          Menyimpulkan
Sains adalah kuantifikasi artinya gejala alam dapat berbentuk kuantitas ilmu alam. Ilmu alam juga digunakan untuk mengenali “ilmu sebagai displiin yang mengikuti metode ilmiah”.
Ilmu alam kadang digunakan mendekati arti yang lebih cocok dalam pengertian sehari-hari. Ilmu alam dapat menjadi alternative bagi biologi, terlibat dalam proses biologis dan dibedakan dari ilmu fisik (fisika dan kimia).
Cabang-cabang ilmu alam yaitu :
-          Astronomi
-          Biologi
-          Ekologi
-          Fisika
-          Geologi
-          Geografi
-          Ilmu bumi
-          Kimia
Sejarah ilmu biologi
Ilmu biologi banyak berkembang pada abad ke-19. Asal mula biologi aristoteles dan biologi. Ilmu biologi dirintis oleh aristoteles ilmuan berkebangsaan yunani. Dalam terminology aristoteles “filosofi alam” adalah cabang filosofi yang meneliti fenomena alam.
Aristoteles melakukan penelitian sejarah dipulau lessbos. Hasil penentunya termasuk sejarah hewan. Generasi hewan, bagian hewan, berisi tentang observasi dan interprestasi dan juga mitos dan kesalahan. Bagian yang penting adalah mengenai kehidupan laut. Ia memisahkan mamalia laut dari ikan dan mengetahui bahwa hiu dan pari adalah bagian dari grup selache.
Didirikan biologi modern
Istilah biologi diperkenalkan oleh Gottfrled Reinhold Treniarus (biologi order philosophie ddei lebenden natur, 1802). Namun dipakai pada tahun 1800 oleh karl friedrich burdach.
Mahluk hidup /organisme sangat beraneka ragam. Mempelajari bagaimana organism dapat dikelompokan sehingga dikenal dengan ilmu biologi (botani), biologi hewan (zoolog), biologi serangga (entomologi) dan sebagainya.
Heraki organism yang terkecil hingga terbesar yang dipelajari dalam biologi adalah sebagai berikut :
-          Sel
-          Jaringan
-          Organ
-          System organ
-          Individu
-          Populasi
-          Komunitas
-          Masyarakat
-          Ekosistem
-          Bioma
Didalam ilmu kealaman dasar juga tidak terputus dari sejarah ilmu alam semesta.
 Astronomi mengatakan alam semesta diciptakan pada tahun 1929 di observatorium mount Wilson California, ahli astronomi amrik Edwin tlubble salah satu temuan tebesar disepanjang sejarah astronomi.  Ketika mengamati bintang-bintang dengan teleskop raksasa ia menemukan bahwa mereka memancarkan cahaya merah sesuai dengan jaraknya.
Hal ini berarti bahwa binatang-binatagn ini bergerak menjauhi kita. Sebab menurut hhukum isika yang diketahui, spectrum dari sumber cahaya yang sedang mendekati pengamat cenderung kewarna merah.
Selama pengamatan oleh hubble, cahaya dibintang-bintang ini terus-menerus bergerak menjauhi kita. Jauh sebelumnya, hubble telah membuat penemuan penting lain.
Galaksi dan bintang tak hanya menjauhi kita, tapi juga menjauhi satu sama lain. Satu-satunya yang dapat disimpulkan dari satuan alam semesta dimana segala sesuatunya bergerrak menjauhi satu sama lain adalah bahwa ia terus-menerus “mengembang” agar mudah dipahami, alam semesta dapat diumpamakan sebagai permukaan balon yang sedang mengemembang.
  Sebagaimana titik-titik  dipermukaan balon membesar, benda-benda diruang angkasa juga bergerak satu sama lain ketika alam semesta terus mengembang .
Ssebenarnya fakta ini secara teoritis telah ditemukan lebih awal. Albert Einstein, yang diakui sebagai ilmuan terbesar abad 20, menurut perhitungan yang dibuatnya, dalam fisika teori, telah menyimpulkan bahwa alam semesta tidak mungkin statis. Tetapi, ia menchamkan penemuanya ini, hanya agar tidak bertentangan dengan model alam semesta status yang diakui luas waktu itu.
Dikemudian hari, Einstein menyadari tindakan ini sebagai kesalahan terbesar dalam karirnya. Apa arti dari mengembangnya alam semesta ?
Mengembangnya alam semesta berarti jika alam semesta bisa bergerak mundur kemaasa lampau, maka ia berasal dari satu titik tungal. Perhitungan menunjukan titik tunggal ini yang berisi semua materi alam semesta haruslah memiliki ‘volume nol’ , dan ‘kepadatan tak hingga’.
Alam semesta telah terbentuk melalui ledakan titik tunggal bervolume nol ini. Ledakan raksasa yang menandai permukaan alam semesta ini dinamakan ‘big bang’, dan teorinya dikenal dengan nama tersebut. Perlu dikemukakan bahwa ‘volume nol’ merupakan pernyataan teoritis yang digunakan untuk memudahkan pemahaman.  


0 Response to "Sejarah Kealaman Dasar"

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme